DKP Lutra Gelar Lomba Asah Terampil

Daulatrakyat.id, Luwu Utara.Kegiatan Lomba Asah Terampil yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) adalah salah satu tolak ukur dalam melihat sejauh mana keberhasilan seorang Penyuluh Pertanian (PPL) dalam melakukan pembinaan terhadap petani di lapangan.

“Ini kita lakukan adalam rangka menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan sebagai wahana untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan para petani dalam mengakses alias mengadopsi pengetahuan dan teknologi pertanian, sekaligus menjadi tolak ukur keberhasikan PPL kita di lapangan,” Kata Thahar saat membuka Lomba di pelataran Rumah jabatan Bupati, Rabu (15/08/2018) di hadapan para PPL, dan petani yang hadir.

Menurutnya salah satu tugas seorang penyuluh pertanian adalah melakukan pengawalan dan pendampingan dalam rangka meningkatkan kapasitas kelompok tani.

“Untuk itu, kepada PPL kita, teruslah berkarya, berikan yang terbaik buat daerah kita ini, utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan petani kita,” harap Thahar.

Sebelumnya, Kepala DKP Armiady, melalui Kepala Bidang Kelembagaan, Yasri, mengatakan tujuan dilaksanakannya lomba tersebut untuk memacu dan memotivasi petani dalam kegiatan usaha tani.

“Lomba ini kita lakukan juga untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan petani kita dalam mengadopsi pengetahun dan teknologi pertanian,” ucap Yasri.

Adapun lomba ini bakal dilakukan hanya sehari dimana seluruh tim langsung tampil di babak penyisihan dan dibagi beberapa sesi. Setiap pemenang dari sesi lomba di babak penyisihan, langsung melangkah ke babak grand final.

Adapun hasilnya, Kecamatan Bonebone, Malangke, Mappedeceng, dan Baebunta lolos ke babak final. Keluar sebagai juara I Baebunta dengan nilai 1.200, disusul Mappedeceng (750), Malangke (400), dan Bonebone (300).

Turut hadir Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo, Kadis Perikanan, Kabag Umum dan Kadis Kesra.(jal)

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.